Kamis, 03 Maret 2011

PRINSIP PRINSIP MARKETING MIX

A. PENGERTIAN MARKETING MIX
Marketing mix adalah suatu strategi marketing yang menekankan bagaimana cara menjual produk seefektif mungkin. Bberdasarkan data-data yang diperoleh dan dikumpulkan, baik melalui proses komputerisasi maupun data yang dikoleksi berdasarkan langganan, agar proses penjualan berjalan lancar.
Dengan perkataan lain marketing mix adalah merupakan variabek-variabel yang dipergunakan oleh setiap perusahaan, sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan para konsumen. Jadi marketing mix itu sendiri terdiri atas himpunan variabel-variabel yang dapat dikendalikan dan digunakan oleh perusahaan untuk mmempengaruhi tanggapan konsumen dalam pasar sasarannya..
Menurut pendapat D.W. Foster,, Bahwa marketing MIX adalah suatu istilah yang menggambarkan seluru unsur pemasaran dan paktor produksi yang dikerahkan guna mencapai tujuan badan usaha, Minsalnya laba, penghasilan, harta yang ditanam, omzet penjualan, dan bagian pasar yang ingin direbut..
komponen-komponen marketing mix tersebut adalah cap dagang, jenis barang, pembungkus, dan pelayanan. Komponen-komponen lainnya adalah penjualan, pesdian pengawasan, pengangkutan, saluran distribusi, dan sebagainya..Kegunaan marketing mix bagi perusahan adalah dapat membuat perencanaan dibawah suatu garis kebijaksanaan. dalam hal ini perusahaan tidak ketinggalan dalam menentukan kebijaksanaan dalam persaingan untuk menguasai pasar. Adapun mempaat untuk mempelajari marketing mix adalah untuk mengarahkan kombinasi mana saja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dalam membuat program.
B. FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MARKETING MIX
1. Faktor produk
2. Faktor penjualan
3. Faktor pendistribusikan

Marketing-Mix dalam Internet Marketing
Dalam pemasaran konvensional (real business) terdapat 4 (empat) prinsip dasar yang yang terdiri dari 4P, yaitu : Product, Price (harga), Place (tempat dan distribusi), dan Promotion. Metode ini dikenal sebagai Marketing Mix.
Jika Anda ingin sukses dalam menjual sebuah produk, baik barang maupun jasa, maka:
1. Anda harus memiliki produk yang bagus, berkualitas. Dan sesuai dengan kebutuhan target pelanggan Anda.
2. Anda harus menjual produk dengan harga yang tepat, tidak selalu harus murah, tetapi sesuai dengan kualitas produk Anda. Sehingga pembeli tidak akan kecewa.
3. Anda harus memiliki lokasi penjualan yang strategis dan mudah dikunjungi. Selain itu memudahkan dalam pengiriman atau distribusi barang dan jasa yang dijual.
4. Anda harus aktif beriklan, berpromosi agar produk Anda dikenal oleh masyarakat.
Begitu juga hal yang sama berlaku di bisnis online. Dalam dunia Internet Marketing, prinsip dasar 4P dari Marketing-Mix tersebut menjadi dasar dari sukses atau tidaknya Anda di bisnis online.
1. Product. Produk dalam dunia bisnis online bisa berarti isi tulisan (content) Anda di web. Ya, Anda harus bisa menulis dengan tepat. Enak dibaca oleh pengunjung website Anda, tetapi juga harus memudahkan mesin pencari (search engine) seperti google, yahoo, atau MSN menemukan website Anda.
2. Price. Ya, pesaing Anda di Internet tidak hanya orang Indonesia aja, Bro! Tetapi seluruh penjuru dunia. Banyak orang menggunakan internet sebagai sarana untuk membandingkan harga, jika mereka ingin membeli mobil atau handphone, misalnya. Jadi, jika Anda menjual produk secara online, maka pastikan harga yang Anda tawarkan tepat.
3. Place. Disini berarti website Anda. Yes, kantor Anda di bisnis online adalah sebuah website. Sehingga, jika Anda ingin pengguna internet mengunjungi kantor (baca : website) Anda, maka buatlah website yang mudah diakses, mudah dibaca, dan tentu saja menarik.
4. Promotion. Dalam Internet Marketing, hal yang paling penting adalah membuat website kita terkenal dan ramai dikunjungi. Ingat, ada banyak ribuan bahkan mungkin jutaan website, yang bisa saja memiliki produk atau content yang sama dengan website Anda. Jika Anda tidak mengetahui cara pemasaran yang tepat, maka website Anda hanya akan menjadi debu di lautan.

1 komentar: