Minggu, 02 Oktober 2011

METODOLOGI RISET BISNIS

METODOLOGI RISET BISNIS
Analisis LKP oleh: Nama: Pandu Wiranegara, NPM30208949

1. Judul: "TINJAUAN KEGIATAN PROMISI PADA DEALER TERUS JAYA MOTOR SUKABUMI”
Pengarang: LINDA WINDASARI
Tahun: 2010
2. Tema: Pelayanan Pelanggan.


3. Latar Belakang Masalah: pada masa lalu,sebelum mengalami perkembangan seperti sekarang ini, kendaraan bermotor bisa di katakan sebagai salah satu barang mewah dan hanya sebagian kecil yang memiliki kendaraan bermotor tersebut. Semua itu mencerminkan bahwa kebutuhan konsumen terhadap kendaraan bermotor meningkat sangat pesat. Semua dapat di lihat dari dampak tingginya penggunaan kendaraan bermotor . Ada punhal tersebut di atas di karenakan para konsumen merasa bahwa dengan kendaraan bermotor banyak sekali keuntungan misalnya dari segi waktu untuk menempuh jarak akan lebih cepat ( efktif ) sehingga dapat mempermudah dan memperlancar segala aktivitas yang dilakukan. Begitupun dari segi biaya yang di keluarkan akan lebih murah (efisien)
4.Masalah: Dampak yang di timbulkan dengan munculnya berbagai jenis kendaraan baru yang beredar di pasaran membentuk kondisi pasar yang sangat kompetitif di bidang industri kendaraan yang mendorong terciptanya berbagai bentuk dan desain kendaraan bermotor yang dapat di terima oleh konsumen. Kondisi ini menuntun pelaku pasar untuk melakukan strategi-strategi pemasaran yang efektif dan efisien yang mencakup 4P yakni Product, Price, Place, dan Promotion. Keempat komponen pemasaran tersebut harus dapat di lakukan secara singkron.
5. Tujuan Riset: Mengetahui jenis-jenis kegiatan promosi yang dilakukan oleh Dealer Terus Jaya Motor, sebagai wujud kepedulian perusahaan terhadap masa depan generasi muda,serta menunjukkan keterbukkan perusahaan yang pada akhirnya dapat meningkatkan nilai atau citra perusahaan di kalangan akedemis maupun publik.

6. Ruang lingkup materi : Dealer adalah penyedia jasa dan produk yang biasanya hanya menawarkan salah satu macam merk tertentu saja. Dealer Terus Jaya Motor adalah supplier resmi motor Honda. Penjualan sepeda motor dan penyediaan suku cadang asli motor honda serta bengkel untuk motor honda

7. Aktivitas dan kegiatan : sebagai Dealer resmi motor Honda aktivitas dan kegiatannya adalah berupa penjualan sepeda motor,penyediaan suku cadang asli motor honda serta bengkel resmi untuk motor honda. Serta melakukan promosi kepada masyarakat pembagian brosur produk Dealer Terus Jaya Motor.


8. Pembahasaan dan Analisis : Memahami kegiataan peromosi Dealer terus jaya motor. Pemasaran yang di lakukan perusahaan tersebut sesuai dengan teori di atas, dimana perusahaan dalam memuaskan keinginan dan kebutuhan dari setiap konsumen dan pelanggannya dengan melalui aktifitas penjualan. Terbukti dengan banyaknya konsumen dan calon pelanggan banyak yang datang untuk membel motor, menservice motor dan mengganti spareoart motor karena keinginan dan kebutuhan dari para konsumen dan pelanggan tersedia
9. Hasil : Kegiataan promosi yang di lakukan perusahaan yaitu menggunakan bauran promosi (promotional mix) yang terdiri dari publisitas(publicity)periklanan(advertising),penjualan pribadi (personal selling ) , dan promosi penjualan (sales promotion )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar